total surf total surf
Jumat, 11 November 2022 22:21

Alasan Netflix belum membeli the WSL

Ironi menyedihkan untuk Netflix adalah docuseries mereka “Drive to Survive” lah yang meningkatkan popularitas Formula 1.

 

Menurut Wall Street Journal, perusahaan streaming raksasa Netflix ingin mengakuisisi WSL (World Surf League) tetapi tidak dapat dilanjutkan karena tidak ada kesepakatan harga. Baru-baru ini Netflix juga kalah dalam bidding war untuk streaming lomba balap Formula 1. Hal ini kemudian menjadi sorotan tentang seberapa banyak uang sebenarnya yang diperlukan untuk memiliki hak tayang liga-liga ini secara langsung.

Apple menandatangani kesepakatan dengan Major League Soccer untuk setidaknya $2,5 M, sedangkan Amazon membayar $11 M kepada the NFL bandwagon. Tadinya Formula 1 juga dilaporkan mendapat tawaran dari NBC, Amazon, dan netflix, hingga akhirnya jatuh ke Disney dengan membawa $255 M total untuk 16 pertandingan yang disiarkan di ABC dan ESPN.

 

Ironi menyedihkan untuk Netflix adalah docuseries mereka “Drive to Survive” lah yang meningkatkan popularitas Formula 1. Tetapi Netflix pun tak mau ketinggalan dengan ikut menawar hak streaming the ATP tennis tour, Women’s Tennis Association di U.K., dan bahkan juga beberapa perlombaan bersepeda.

 

Dalam hal ini, co-Chief Executive Netflix, Reed Hastings mengatakan bahwa mereka tidak akan mengikuti bidding war setiap tahun, agar mereka bisa membeli saham di liga yang lebih kecil. Mereka juga yakin bisa meningkatkan popularitas liga olahraga kecil seperti WSL dan menjadikannya layak untuk ditayangkan secara langsung, Formula 1 buktinya. Memiliki sebuah liga secara langsung jelas akan mengurangi potensi kalah dalam bidding war di masa yang akan datang.

 

Jadi berapa sebenarnya nilai the WSL dan hak penayangannya? Tidak ada yang tahu. WSL meluncurkan docuseries mereka sendiri, Make or Break dengan Apple tahun lalu dan melirik reality TV ABC’s dengan The Ultimate Surfer. Tetapi tidak ada yang menarik perhatian seperti Drive to Survive di Netflix meskipun sedang terjadi peningkatan penonton, menurut liga tersebut.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top