Jumat, 06 Januari 2023 14:50

Nazare untuk pertama kalinya memakan korban - Dia adalah seorang big wave surfer berpengalaman.

Marcio Freire adalah seorang peselancar yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun berselancar dengan “Jaws wave” di Hawaii.

 

Kecelakaan terjadi pada jam 4.15 sore di Praia do Norte di Nazaré saat peselancar asal Brasil tersebut, Marcio Freire (47 tahun), sedang dalam sesi “towing” dengan teman-temannya.

 

Praia do Norte da Nazaré adalah tempat luar biasa untuk menyaksikan selancar ombak besar, baik dalam sesi “Tow In” atau “paddling”. Banyak surfer berpengalaman dari seluruh dunia berselancar di tempat ini. Di sinilah Rekor Dunia gelombang besar dalam kategori “Tow In” dipegang oleh Sebastien Steudner dari Jerman, dengan tinggi ombak lebih dari 26 meter. Karena kekuatan dan ketidakpastian ombak di Praia do Norte, mereka yang berselancar disana menggunakan inflatable vest untuk alasan keamanan.

 

Kronologi kecelakaan:

Pagi itu, Marcio Freire mulai paddle dan berhasil mendapat beberapa ombak sekitar 4 meter. Dengan ombak yang meninggi, Marcio dan beberapa temannya dari Brasil memutuskan untuk melakukan sesi “Tow in” di sore hari. Ombaknya sudah menjadi jauh lebih besar, tetapi menurut kesaksian, Marco tidak membawa inflatable vest-nya meskipun memakai vest diluar suit-nya. Terjatuh di ombak besar pada menit 16:15, peselancar Brasil tersebut tidak dapat menahan apnea, dia kehilangan kesadaran, kemudian diselamatkan oleh Lucas Chumbo yang membawanya ke pasir dan memulai resusitasi. Sayangnya, resusitasi tidak membuat Marcio Freire kembali sadar dan akhirnya meninggal di tempat.

 

Kondisi ombak antara pukul 16:00 dan 17:00 di Praia do Norte di Nazaré dapat dilihat di video berikut:




 

Pernyataan oleh Kapten Pelabuhan di Nazaré:

Menurut kapten Pelabuhan Nazaré, Marcio Freire yang sudah dalam keadaan tidak bernapas ditarik oleh rekannya menggunakan jetski. Dia kemudian segera diselamatkan di pantai oleh penjaga pantai dan kemudian tim ambulans INEM pun dipanggil ke lokasi kejadian. “Sayangnya, tak satu pun usaha yang dilakukan berhasil dan akhirnya Freire dinyatakan meninggal di tempat”, kata kapten Mário Lopes Figueiredo. dengan demikian mendaftarkan “kematian pertama terkait dengan selancar di ombak besar Praia do Norte”.

Peringatan kecelakaan diberikan pada pukul 16:16 dan INEM, Petugas Pemadam Kebakaran Nazaré, dan Otoritas Maritim beroperasi di tempat kejadian.

 

Marcio Freire hari itu sebelum memulai sesi tow-in di Nazaré (note: caption under Freire’s photo)



Kami turut berduka dengan kepergian Marcio Freire, semoga keluarga dan saudara yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. RIP Marco Freire.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top