Mungkinkah papan surfing terbuat dari jamur akan menjadi solusi jangka panjang? Mungkinkah papan surfing terbuat dari jamur akan menjadi solusi jangka panjang? via BBC
Jumat, 24 Maret 2023 10:01

Mungkinkah Masa Depan Surfing Tergantung Kepada.. Jamur?

Mungkinkah papan surfing terbuat dari jamur akan menjadi solusi jangka panjang?

 

"Surfing memiliki dampak negatif yang besar pada lingkungan" - Steve Davies, 23, terang-terangan. “Lebih dari 400.000 papan selancar diproduksi setiap tahunnya dan 80% di antaranya tidak sustainable”. "Ini sesuatu yang harus segera ditangani," kata Davies. "Menurut saya, desain yang sustainable adalah masa depan industri surfing."

Tetapi, apakah desain yang sustainable akan bisa bertahan? Beberapa alternatif telah dipikirkan, diusulkan, diuji, ada yang berhasil, dan ada yang tidak. Yang Davies bisa tawarkan: papan surfing yang terbuat dari jamur.

Davies menempuh pendidikan di Cardiff Metropolitan University, dan ide ini merupakan bagian dari proyek akhir tahunnya. Ide tersebut masih perlu dikembangkan, tetapi pada suatu titik, Davies melihat tidak ada alasan mengapa papan selancar jamur tidak dapat digunakan "dari level profesional hingga pemula".

Anggota Surfers Against Sewage, Izzy Ross, memberi pujian atas upaya Davies, namun menyesalkan bahwa ia hanyalah “tetes kecil dalam lautan besar”. "Industri ini belum  melakukan cukup banyak. Proyek-proyek kecil seperti ini sangat fantastis begitupun pikiran-pikiran brilian di baliknya, namun masalahnya lebih bersifat sistemik. Meskipun demikian, Davies percaya proposalnya bisa cukup efektif untuk bersaing dengan model papan surfing yang ada saat ini.

Davies menerangkan bahwa jika kondisi memungkinkan, papan dari jamur bisa dikerjakan hanya dalam waktu 21 hari. Dia bermimpi suatu hari hal ini menjadi hal biasa. Kita harus lebih bersatu dengan alam. Karena kita memanfaatkan laut, kita harus bisa memberikan sesuatu kembali kepada laut.

 

Mushroom on Board - The Root of Sustainable Surfing Rob Burke Broadcast

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top