Senin, 23 Oktober 2023 14:01

Kanada Menolak Aplikasi Kewarganegaraan dari Surfer Erin Brooks

Erin Brooks (16 tahun), peraih medali perak di ISA World Cup, berharap bisa mewakili Kanada di Olimpiade Paris 2024…

Brooks lahir di Texas dan dibesarkan di Hawaii, meskipun memiliki hubungan dengan Kanada melalui ayahnya yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika-Kanada, dan kakeknya yang lahir dan besar di Montreal.

Hukum untuk memperoleh kewarganegaraan di Kanada cukup kompleks, meskipun sebenarnya UU C-37 tahun 2009 negara tersebut mengakhiri pemberian kewarganegaraan kepada generasi kedua yang lahir di luar negeri. Dalam surat yang menjelaskan keputusannya untuk tidak memberikan "pemberian kewarganegaraan," Imigrasi, Pengungsi, dan Kewarganegaraan Kanada menyatakan bahwa Brooks tidak memenuhi persyaratan.

 

"Permohonan ditolak dengan alasan bahwa Brooks tidak tanpa kewarganegaraan, tidak mengalami kesulitan khusus atau tidak biasa, atau tidak memberikan jasa yang sangat berharga bagi Kanada yang akan membenarkan pemberian kewarganegaraan Kanada kepadanya," demikian bunyi surat tersebut. 

 

Federasi Surfing Kanada: Jeff Brooks akan mengajukan banding ke Pengadilan Federal terhadap keputusan ini.

"Erin ingin mewakili Kanada karena ia ingin mewakili keluarga dan warisan budayanya," kata Jeff dalam wawancara minggu ini, sebelum keputusan pemerintah. "Ini adalah perjuangan berat... Tetapi saya bangga bahwa dia tetap bertahan dan ingin melewati seluruh proses ini dan memberikan yang terbaik.

"Kami sudah membicarakannya. Jika ini tidak berhasil dan suatu hari dia harus pindah dari Kanada, dia akan melakukannya dengan kepala tegak, tahu bahwa dia sudah memberikan segalanya dan mencoba yang terbaik untuk mewakili negara tempat dia merasa lebih terkoneksi."

 

Keputusan ini merupakan pukulan bagi keluarga Brooks.

Rumah Brooks di Lahaina, Maui, habis terbakar karena kebakaran hutan tragis baru-baru ini, dan ibunya sedang berjuang melawan kanker.

"Erin harus menghadapi banyak hal, jelas," kata Jeff. "Kewarganegaraan ini adalah sesuatu yang tidak dapat kita kendalikan, sama seperti kanker atau kebakaran. Erin dan saya membicarakannya dan berkata mari fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, yaitu banyak berlatih, menjaga pikiran positif, dan bersikap terbuka terhadap hasil nya nanti, apa pun itu."

 

Apakah Erin masih bisa mewakili Amerika Serikat?

"Jika ini tidak teratasi tepat waktu, kita harus duduk dan menilai ulang di mana kita berada setelah siklus Olimpiade ini berlalu," tambahnya. "Tentu saja, akan menjadi kekecewaan besar jika kehilangan kesempatan ini di Olimpiade, terutama setelah bekerja begitu keras. Apalagi dia adalah surfer Amerika Serikat dengan peringkat tertinggi kedua di dunia saat ini.

"Kehilangan kesempatan ini pada usia 16 tahun mungkin akan sangat mengecewakan. Tetapi pada saat yang sama, dia tahu bahwa karirnya masih panjang ke depan."

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top