Senin, 27 Jun 2022 01:00

Paige Hareb dan Marlon Harrison Berhasil Merebut Gelar Juara di Nias Pro QS5000

Harrison Berhasil Meraih Kemenangan Pertamanya Melalui Poin 10 yang sempurnya di Final...

 

- Mantan Pesaing CT Hareb Mendapatkan Kemenangannya Lagi

- Kompetisi Pro Junior akan berakhir Esok Hari

 

 

 

TELUK LAGUNDRI, NIAS / INDONESIA (Minggu, 26 Juni 2022) - Paige Hareb (NZL) dan Marlon Harrison (AUS) telah memenangkan Nias Pro 2022, yang merupaka ajang World Surf League (WSL) Qualifying Series (QS) 5.000 dengan epik hari ini, keduanya mendapatkan kemenangan di Final masing-masing melawan Ella McCaffray (USA) dan Jordy Maree (ZAF), yang berlangsung pada ombak setinggi 4-8 kaki di Lagundri Bay, Nias.

 

Nias Pro berlangsung dengan sangat luar biasa didukun oleh cuafa yang sangat baik dengan ombak sempurna setiap hari, kompetiai yang berpuncak pada hari ini pada kategori Q berlangsung dengan deburan ombak right barrels yang menegangkan dan long wall.

 

 

 

Acara ini dengan cepat menjadi salah satu kompetisi yang terbaik dan paling ditunggu-tunggu di seluruh dunia di Seri Kualifikasi karena tiga edisi terakhir berhasil menyuguhkan kondisi yang luar biasa dan menunjukkan aksi kelas dunia dari atlet lokal Indonesia dan kehadiran atlet internasional yang kuat dalam kompetisi ini.

Final putri diisi dengan pertarungan antara surfer pemuda vs. surfer berpengalaman, Junior yang sedang naik daun, Ella McCaffray (AS) melawan veteran Championship Tour Paige Hareb (NZL) dengan tidak mengecewakan.

 

Setelah beberapa upaya yang gagal dari kedua peselancar untuk mendapatkan tubed, McCaffray pertama kali menempatkan skor di papan dan memimpin di awal pertandingan. Pertarungan mulai seru setelah Hareb menemukan ombak tembok yang bersih,yang membuatnya berhasil untuk mengisi osisi pertama.

 

Ella terus mencoba untuk menghasilkan skor lebih tinggi dengan mengukir kombo namun tidak dapat menyaingi skor tertinggi Hareb yaitu 7,50. Peselancar dari Selandia Baru, Paige Hareb dengan cepat menghasilkan poin berikutnya dengan 6,20 yang menempatkan lawannya di bawah tekanan pada babak Final.

 

 

Hareb berhasil mematok kemenangannya melalui dua putaran backhand besar dan hampir sempurna yang menghasilkan 9 poin di saat-saat terakhir heat.

 

“Saya berusaha berpikir positif namun ada banyak peselaqncar hebat lainnya di kompetisi ini dan ombak terlihat swangat bagus sekali sepanjang minggu ini, jadi apapun bisa terjadi,” kata Hareb. “Saya sangat senang dengan hasil kompetisi ini. Semoga anak-anak di tanah air saya melihat kemenangan saya di ajang internasional dan bisa memberi inspirasi. Dan semoga prestasi Billy (Stairmand) dan saya terus berkibar setinggi-tingginya hingga penghujung tahun ini.”

Hareb tampil luar biasa di Nias Pro, mencatatkan angka yang sangat baik di semua heat-nya dan melumpuhkan beberapa peselancar terkuat lainnya seperti, Kobie Enright (AUS) dan Kailani Johnson (IDN) di heat sebelumnya hari ini. Atlet berusia 32 tahun dari Oakura ini tampak terharu dan cukup siap bersaing pada Challenger Series yang akan datang.

 

Lawannya Ella McCaffray (USA) masih Junior dan baru saja mulai berkompetisi di panggung global tetapi menunjukkan tanda-tanda kecemerlangan di kompetisi Nias Pro, terutama di Semifinal ketika dia menaklukan ombak barrel yang berhasil menghasilkan poin 9,77 yang hampir sempurna untuk kemenangan. Peselancar Amerika ini berhasil memberikan penampilan yang luar biasa pada kompetisi di Indonesia, terbukti dengan kemenangannya di Krui Pro minggu lalu, yang juga merupakan kemenangan pertamanya pada QS.

 

Kailani Johnson (IDN) adalah peselancar lokal terakhir yang bertahan pada hari Final dan sayangnya tersingkir oleh Hareb pada pertarungan Perempatfinal mereka.

 

Di Final Putra, juara di Nias terakhir kali digelar pada 2019, Jordy Maree (ZAF) kembali berhadapan dengan rookie muda asal Queensland, Marlon Harrison (AUS).

 

 

Maree memberikan serangan pertamanya melalui beberapa pukulan backhand besar dan menempatkan skor di papan. Harrison menunggu dengan sabar dan alam memberikan ia kejutan mutlak dalam bentuk ombak barrel yang besar dan bersih yang ia tunggangi dengan sempurna dan mengantongi poin 10 poin yang sempurna pertama pada kompetisi Nias Pro, disambut ke sorak-sorai kerumunan besar yang berbaris di tepi pantai. Atlet Australia ini kemudian mengamankan posisinya saat mendapatkan barrel yang lebih kecil dan lebih pendek yang kemudia mendapatkan poin 6.

 

Tapi Maree tidak mundur dan ketika kesempatan muncul denga, peselancar itu menaklukkan ombak barrel, diselingi dengan turn yang bagus dan mendapat poin 8,83 untuk Kembali menyeimbangkan koempetisi pada sisa waktu 10 menit. Peselancar Afrika Selatan itu mencoba peruntungannya pada gelombang yang lebih kecil saat prioritas Harrison, tetapi ia hanya mendapatkan sedikit dari skor yang dibutuhkan dan dengan demikian Atlet asal Australia, Marlon Harrison berhasil meraih kemenangan pertamanya di Seri Kualifikasi dengan cara yang spektakuler dengan gelombang terbaik dari sepanjang acara.

 

Harrison yang pada awal tahun 2022 berhasil memenangkan kompetisi Junior tidak membuang waktunya dan kali ini berhasil memenangkan kompetisi besar.

 

"Saya tidak bisa berkata-kata sekarang," kata Harrison. “Terima kasih semua yang telah datang untuk menonton dan terima kasih Nias, ini luar biasa!”

 

Harrison adalah saudara kandung dari Piper Harrison (AUS) yang pernah menjadi juara Nias Pro saat terakhir digelar pada 2019.

 

Jordy Maree (ZAF) adalah salah satu peselancar terbaik minggu ini di Nias, mencetak kor luar biasa sampai ke Final, dan dia nyaris mempertahankan gelarnya di ombak yang dia sebut-sebut sebagai salah satu favoritnya.

 

Harrison dan Maree sebelumnya masing-masing menyingkirkan Jaggar Bartholomew (AUS) dan Kian Martin (SWE) di babak Semifinal.

 

 

 

Kompetitor favorit dan superstar surfing Indonesia, Oney Anwar membawa harapan lokal sampai ke babak Perempatfinal di mana Martin mengalahkannya di posisi ke-5.

 

Dengan selesainya Nias Pro, berikut peringkat regional Asia dan Australia/Oseania telah disusun ulang, berikut adalah Top 5 yang baru saat ini:

 

QS 5 Teratas Pria Asia

1 - Kian Martin (SWE)

2 - Rio Waida (IDN)

3 - Oney Anwar (IDN)

4 - Ryuki Waida (IDN)

5 - Varun Tandjung (IDN)

 

QS Top 5: Wanita Asia

1 - Minami Nonaka (JPN)

2 - Nanaho Tsuzuki (JPN)

3 - Anon Matsuoka (JPN)

4 - Kailani Johnson (IDN)

4 - Sumomo Sato (JPN)

 

QS Top 5: Australia/Oseania Pria

1 - Marlon Harrison (AS)

2 - Mike Clayton-Brown (AUS)

3 - Billy Stairmand (NZL)

4 - Jarvis Earle (AUS)

5 - Soli Bailey (AS)

 

QS Top 5: Wanita Australia/Oseania

1 - Paige Hareb (NZL)

2 - Sophie McCulloch (AS)

3 - Kobie Enright (AUS)

4 - Ellie Harrison (AS)

5 - Mia Huppatz (AUS)

 

Event selanjutnya untuk Qualifying Surfers di kedua region adalah Taiwan Open of Surfing QS3,000 dari tanggal 11-20 November 2022 di Jinzun Harbour, Taitung / Taiwan..

 

Penyelenggara acara akan berkumpul kembali di Lagundri Bay untuk melanjutkan kompetisi dan melakukan panggilan pada hari Senin pukul 6:30 pagi waktu setempat untuk potensi pukul 7 pagi dimulainya acara Junior Qualifying Series.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top