Selasa, 17 Januari 2023 09:34

Jarvis Earle Asal Australia dan Francisca Vaselko Asal Portugal Rebut Gelar Juara Surfing World Junior 2022

Setelah dua tahun, WSL Junior Worlds kembali mengudara tahun ini

 

Hari Final di SAMBAZON World Junior Championships yang diselenggarakan oleh Best Western dengan ombak yang menggelegar hingga melahirkan dua Juara Dunia Junior baru. Jarvis Earle dari Australia dan Francisca Vaselko dari Portugal membawa pulang gelar tersebut, bergabung dengan daftar prestisius pemenang sebelumnya sekaligus mengunci tempat di Challenger Series.

 

Hari akhir yang seru

 

Hari akhir emosional yang menempatkan Kika Veselko beraksi melawan beberapa peselancar muda paling berbakat di dunia. Semuanya dimulai dengan kemenangannya yang solid di perempat final melawan pesaing asal Kanada Erin Brooks, diikuti oleh duel yang lebih seimbang melawan unggulan Australia Sierra Kerr.

 

Setelah menyingkirkan dua peselancar termuda yang menjanjikan di dunia, juara Portugis 2021 tersebut bertanding menghadapi Sawyer Lindblad dari Amerika Utara di final. Terlepas dari lawannya berkompetisi "di rumah", Kika juga memiliki beberapa pengalaman lokal yang menguntungkannya, karena dia telah menghabiskan beberapa musim di California, tempat asal ayahnya.

 

Heat penentuan dimulai berimbang, hingga kemudian Lindblad bangkit. Di sepertiga waktu terakhir dari heat itulah Kika menangkap ombak yang membuat perbedaan. Dengan 7 poin, peselancar asal Portugal itu berhasil membalikkan skor dan mengamankan kemenangan dengan skor total 12,47 melawan 12,33 asal Amerika Utara itu.

 

Francisca adalah wanita Portugis pertama yang memenangkan gelar dunia wanita

 

Setelah gelar yang diraih oleh Vasco Ribeiro pada tahun 2014, di Ericeira, Kika mengulangi kemenangan peselancar Portugis lainnya di Kejuaraan Dunia Junior WSL. Sebuah kemenangan yang membuat peselancar muda ini sangat emosional dan menangis setelah meninggalkan air.

 

Selain gelar juara dunia di kategori tersebut, Kika Veselko yang hadir di ajang ini menjadi salah satu wildcard yang otomatis lolos ke Challenger Series 2023.

 

Di nomor putra, Jarvis Earle dari Australia menjadi juara dunia dengan mengalahkan peselancar asal California Levi Slawson. Jarvis Earle dan Francisca langsung lolos ke Challenger Series 2023.

 

Indonesia tidak memiliki atlet dalam kompetisi ini.

Satu-satunya negara Asia dengan peselancar yang memenuhi syarat untuk acara ini adalah 4 orang Jepang, 3 wanita, dan 1 pria.

 

 

  • EN: EN

Francisca Veselko, Jarvis Earle Boast World Junior Titles, Claim 2023 Challenger Spots WSL

Item terkait

Scroll To Top