Minggu, 19 Februari 2023 03:01

Larung luncurkan debut album bertajuk "insom"

Kapan kah terakhir anda mendengar unit musik independent mengeluarkan album...



Larung, entitas musik asal Tangerang Selatan ini mengarungi pasang surut dan melewati macam-macam musim untuk melahirkan album ini, serta melalui beberapa evolusi bentuk, dari duo, trio, quartet hingga kini solo yang digawangi jjj seorang.

"insom" berisikan 13 nomor dengan beraneka ragam rasa dan warna, dari grunge grunge-an, punk rock, beatles beatles-an hingga pop ala Indonesia. Album ini mudah dicerna, siapapun dapat menikmati alias lintas kalangan dan umur. Lagu "Berenang" featuring Deandra Nadira dipilih sebagai single pertama "insom".

Nama-nama Seperti Anda Perdana, Pandu Fuzztoni, Gerard Rumintjap, nadyapink dan steve albini terlibat (kollaborator) secara lahir maupun batin dalam penggarapan album ini sebagai produser atau musisi. Cover album dan artwork "insom" adalah konsep dan karya dari fotografer 'fashion' dan 'art' bernama Aswin Kellie.  "Dia adalah fotografer yang selama ini saya cari" ujar jjj.

Kapan kah terakhir anda mendengar unit musik independent mengeluarkan album perdana berisikan 13 nomor (atau lebih) tanpa ada mini album (EP) yang mendahuluinya? Hari gini jarang bukan?

jjj mengatakan Larung kini: "warna warni musik seperti Gorillaz-nya Damon Albarn yang dijalankan secara berpatembayan kayak Potlot jadul, setiap panggung bisa berbeda formasi tergantung kebisaan pemain".

"insom" akan mengudara pada 20 Februari 2023 pukul 20.00wib di platform-platform musik digital kesayangan anda, tepat pada hari ulang tahun Kurt Cobain.

 

 
Fun facts!

1. "insom" nama yang dicetuskan oleh pacar jjj yang nyanyiannya ada di nomor 'Penebusan' (track 1). Kata yang mewakili pribadi jjj yang kerap susah tidur.

2. steve albini, produser Nirvana album In Utero dan Pixies album Surfer Rosa mengirim surat balasan kepada jjj pada 4 April 2021 (hari ulang tahun kematian Kurt Cobain yang ke-27) perihal filosofi dan teknis merekam drum (seperti album Surfer Rosa dari Pixies dan In Utero-nya Nirvana). "Sound" drum yang ingin Larung capai di rekaman-rekamannya. Kemungkinan besar hanya Larung satu-satunya musisi Nusantara yang diarahkan langsung oleh produser Nirvana tersebut perihal produksi rekaman.

3. Anda Perdana, solois legendaris sekaligus frontman Matajiwa menjadi menjadi Produser dan pengisi gitar listrik di lagu "Bliss", yang direkam di studio beliau di Ubud, Bali.

4. Pandu Fuzztoni (the adams & Morfem), menjadi produser di lagu "nekabluri" dan "surga" yang direkam live di Studio Teras Belakang.

5. jjj adalah sutradara dari video musik lagu 'Semesta' dari Matajiwa dan 'Senjakala Cerita' dari Morfem ketika masih tergabung di Sinema Pinggiran tahun 2013 silam.

6. jjj adalah lulusan IKJ jurusan manajemen seni pertunjukan, dimana ia bertemu Unay dan memulai Larung.

7. Larung adalah nama yang terinspirasi dari buku yang berjudul Larung karya Ayu Utami, penulis wanita favorit jjj.

Ngomong-ngomong ada hubungan kosmik apa antara Larung dan Kurt Cobain? Sama-sama dikirim surat dari steve albini (idola Kurt Cobain) perihal produksi rekaman, tepat pula pada hari ultah wafatnya Kurt Cobain yang ke-27 banget. Lalu Larung rilis album tepat di hari ultah Kurt Cobain. Misteri kosmos.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top