WSL mengumumkan 4 wildcards untuk WSL 2023/2024 WSL mengumumkan 4 wildcards untuk WSL 2023/2024 WSL
Kamis, 27 April 2023 07:31

Kelly Slater dan Johanne Defay Mendapatkan Wildcard WSL 2024 dan Separuh CT 2023

Slater Kembali Bersaing untuk WSL Final 5 dan Kualifikasi Olimpiade

 

MARGARET RIVER, Australia Barat, Australia (Kamis, 27 April 2023) - Kelly Slater (AS) dan Johanne Defay (FRA) telah dianugerahi Wildcard Musim WSL untuk 2023/2024. Wildcard tersebut memungkinkan Slater dan Defay masuk ke event Championship Tour (CT) setelah Pemotongan Pertengahan Musim dan masuk ke paruh pertama musim CT 2024. Miguel Pupo (BRA) dan Brisa Hennessy (CRC) telah dianugerahi Wildcard Musim WSL 2024, yang memberikan mereka akses ke semua kompetisi pada paruh pertama musim CT 2024.

Slater sebagai mantan Juara Dunia dan Defay sebagai pesaing Final 5 besar sebelumnya, akan mendapatkan poin peringkat sebagai Wildcard Musim dan memenuhi syarat untuk peringkat WSL Final 5 besar. Dimana peselancar 5 Teratas di CT pria dan wanita akan berkompetisi di Rip Curl WSL Finals untuk memperebutkan gelar Juara Dunia 2023. Poin peringkat Slater juga akan memberinya kesempatan bersaing untuk kualifikasi sementara Olimpiade Paris 2024. Kualifikasi sementara Defay untuk Olimpiade dikonfirmasi minggu lalu di Australia Barat Margaret River Pro.

WSL adalah jalur Tier 1 untuk kualifikasi surfer terbaik dunia ke Olimpiade. Dari 48 atlet yang berkompetisi dalam pertandingan tersebut, 18 pesaing teratas (10 pria dan 8 wanita) akan lolos melalui peringkat akhir Tur Kejuaraan WSL 2023. Setiap negara hanya dapat memenuhi syarat maksimal dua pria dan dua wanita. 

 

Kelly Slater (AS) akan berkompetisi di Surf Ranch Pro sebagai Wildcard Musim WSL untuk 2023/2024. - WSL/MORRIS

 

Juara Dunia 11 kali Slater dianggap sebagai surfer kompetitif terhebat sepanjang masa yang memegang hampir setiap rekor besar dalam olahraga ini termasuk 11 Gelar Juara Dunia, 56 kemenangan CT, dan menjadi Juara Dunia termuda dan tertua dalam sejarah pria. Dia memiliki andil besar dalam olahraga surfing yang progresif dengan jiwa kompetitif, hingga sistem teknologi ombak. Karir luar biasa Slater dimulai dengan memenangkan Rookie of the Year pada tahun 1990 yang berlangsung lebih dari tiga dekade. Dia memenangkan gelar Juara Dunia pertamanya pada tahun 1992 dan Gelar terakhirnya pada tahun 2011. Pada tahun 2022, Slater mengklaim kemenangan CT ke-56 di Pipeline, hanya beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-50. Sekarang di usia 51 tahun, Slater sedang mencari gelar Juara Dunia lainnya dan kualifikasi Olimpiade sementara untuk namanya.

Defay finis di Top 10 setiap tahun di Championship Tour sejak kualifikasi pada 2014. Dia berkompetisi di Rip Curl WSL Finals pada 2021 dan 2022, masing-masing finis keempat dan ketiga, di peringkat dunia. Defay mewakili Prancis di Olimpiade Tokyo 2020 dan siap tampil untuk kedua kalinya di Olimpiade karena ia lolos kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

Sebagai Wildcard Musim WSL 2024, Pupo dan Hennessy akan memenuhi syarat untuk bersaing di paruh pertama CT 2024. Pupo mengalami cedera pergelangan kaki di Portugal, memaksanya untuk melewatkan Rip Curl Pro Bells Beach dan Australia Barat Margaret River Pro. Musim lalu, Pupo naik peringkat ke urutan keenam terbaik dalam karirnya setelah kemenangan terobosannya di Tahiti Pro. Hennessy berhasil mencapai Rip Curl WSL Finals musim lalu, finis kelima di dunia, karir terbaik. Pada tahun 2020, dia mewakili negara asalnya Kosta Rika di Olimpiade Tokyo, di mana dia finis kelima. Dia baru-baru ini dikukuhkan sebagai salah satu surfer pertama yang lolos sementara ke Olimpiade Paris 2024.

 

Johanne Defay (FRA) telah dianugerahi Wildcard Musim WSL untuk 2023/2024. - WSL / HUGHES

 

Wildcard Musim WSL dipilih oleh tim Tur dan Kompetisi WSL mengikuti aplikasi dari para atlet. Proses pemilihan wildcard mempertimbangkan kinerja kompetitif, seperti peringkat Gelar Juara Dunia, CT dan Challenger Series, dan hasil pertandingan, serta evaluasi medis jika berlaku.

"Dengan selesainya peringkat untuk Mid-season Cut, kami telah mengumumkan Kelly Slater dan Johanne Defay sebagai Wildcard Musim WSL untuk 2023 dan 2024, serta Miguel Pupo dan Brisa Hennessy sebagai Wildcard Musim untuk 2024," kata Jessi Miley-Dyer, Kepala Olahraga WSL. "Buku Peraturan WSL memungkinkan hanya mantan Juara Dunia dan pesaing Final 5 WSL sebelumnya yang memenuhi syarat untuk mendapatkan poin di paruh kedua musim sebagai Wildcard Musim. Kelly dan Johanne memenuhi kriteria tersebut, jadi kami berharap dapat melihat mereka menyelesaikannya musim CT. Kami juga tidak sabar untuk menyambut kembali Miguel dan Brisa di tahun 2024."

Hari Final menunggu di Australia Barat Margaret River Pro. Jendela kompetisi akan ditutup pada 30 April, tetapi perkiraan yang menjanjikan memperkirakan Jumat, 28 April, dapat melihat putaran final kompetisi selesai dan pemenang acara dinobatkan.

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top