Dhanny Widianto / credit : @asiansurfco / Tim Hain Dhanny Widianto / credit : @asiansurfco / Tim Hain
Jumat, 13 September 2024 14:59

Hari Keempat Pertandingan Cabang Olahraga Selancar Ombak Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh Sumut 2024

Pertandingan dimulai pukul 14:00 dan melihat kondisi ombak kecil serta angin cukup kencang...

 

Hari ini kompetisi berlangsung lebih singkat karena panitia pelaksana memutuskan untuk mengikuti aturan adat setempat melaut, dimana kegiatan melaut boleh dilakukan setelah shalat Jumat. Pertandingan dimulai pukul 14:00 dan melihat kondisi ombak kecil serta angin cukup kencang, diputuskan bahwa pertandingan akan diawali dengan babak semifinal Divisi Aerial Putra, diikuti dengan Perempat final Longboard Putra, dan ditutup dengan Final Aerial Putra.

Ini adalah hari yang mengesankan bagi provinsi Aceh, saat Dhanny Widianto meraih kemenangan sore ini di depan ratusan penggemar dan penonton lokal. Dia dikelilingi oleh kerumunan yang bersorak, dan dengan haru memeluk kakaknya, Dhea Natasya Novitasari.

Dhany mengungkapkan kegembiraannya setelah memastikan diri mendapatkan medali emas untuk Aceh, “Saya sangat senang sekali dan bangga, terimakasih buat masyarakat Aceh, ini buat kalian semua.” Dan ditanya tentang harapannya di hari final besok ia berjanji, “besok saya akan berjuang lagi untuk shortboard dan longboard, semoga itu bisa jadi emas lagi buat saya, saya akan berjuang sebaik mungkin.”

 

Aerial finalist / Credit @Asiansurfcoc / Tim Hain 

 

Ketua PSOI Pengurus Provinsi Aceh Dery Setiawan juga mengungkapkan perasaannya tentang medali emas pertama dari surfing untuk Aceh, “Alhamdulillah untuk hari ini Aceh mendapat emas selalu bersyukur kepada ALLAH SWT. Harapan untuk besok di hari final kita akan tingkatkan lagi kemampuan untuk mendapatkan emas di semua divisi.”

Pada Semifinal Heat 1, Widianto meraih skor tertinggi 6.5 dalam pertarungan sengit melawan Varun Tandjung (DKI Jakarta) dan Dede Suryana (Jabar) untuk melaju ke final. Namun, skor tertinggi sepanjang kompetisi Divisi Aerial datang dari Semifinal Heat 2 yang dicetak oleh Rizky Eka Permana Putra (Jatim), dengan skor mengagumkan 8.33 (dari 10) dalam upaya keduanya. Sayangnya, ia tidak menemukan ombak bagus lainnya di final untuk memberinya peluang yang sama.

Dalam Final Aerial Putra yang berdurasi 30 menit, sangat sulit bagi para pesaing untuk menemukan ombak yang memungkinkan mereka meluncurkan manuver udara besar, karena sebagian besar ombak yang datang tidak menyediakan kondisi yang dibutuhkan untuk manuver aerial. Namun, Dhanny Widianto berhasil menemukan ombak terbaik dan menyelesaikan manuver aerial-nya sesuai dengan kriteria juri, untuk meraih kemenangan dan medali emas untuk Aceh.

Dalam Perempat final Divisi Longboard Putra, Dhanny Widianto kembali mencetak skor ombak tunggal tertinggi 8.00 (dari 10) dan total skor heat tertinggi 15.17 (dari 20) untuk memastikan tempatnya di semifinal besok.

Tedi Kurniadi (Jabar), Arip Nurhidayat (Aceh), dan Ivan Krisnadewa Sudena (Bali) juga memenangkan heat mereka untuk maju ke semifinal.

 

Ivan Sudena / Credit : @asiansurfco / Tim Hain

 

Besok akan menjadi hari terakhir kompetisi, dan seluruh medali akan diberikan di Pantai Riting pada sore hari. Sisa kompetisi dijadwalkan mulai besok pagi pukul 07:00, dimulai dengan Perempatfinal Shortboard Putri.

 

Pemenang Medali Aerial Putra:

 

  1. Dhanny Widianto (Aceh) – Emas
  2. Dede Suryana (Jabar) – Perak
  3. Varun Satria Tandjung (DKI Jakarta) – Perunggu
  4. Rizky Eka Permana Putra (Jatim) – Perunggu

 

Jadwal Pertandingan Besok:

Perempatfinalis Shortboard Putri

  1. Taina Angel Izquierdo (Bali) vs Salini Rengganis (Jatim)
  2. Dhea Natasya Novitasari (Aceh) vs Janiati Love Hansel (DKI Jakarta)
  3. Kya Jo Heuer (Sumbar) vs Lidia Kato (Bali)
  4. Jasmine Studer (DKI Jakarta) vs Hanasuri Jabrik (Jatim)

Perempatfinalis Shortboard Putra

  1. Yozafati Zagato (Sumut) vs Dylan Wilcoxen (Sumbar)
  2. Dhanny Widianto (Aceh) vs Varun Satria Tandjung (DKI Jakarta)
  3. I Made Raditya Rondi (Bali) vs Westen Sulhan Hirst (DKI Jakarta)
  4. I Made Joi Satriawan (Lampung) vs I Made Darma Yasa (Bali)

Semifinalis Longboard Putri

  1. Dhea Natasya Novitasari (Aceh) vs Flora Christina Butar Butar (DKI Jakarta)
  2. Reni Andini (Jabar) vs Aura Zeflin (Sumbar)

Semifinalis Longboard Putra

  1. Tedi Kurniadi (Jabar) vs Dhanny Widianto (Aceh)
  2. Arip Nurhidayat (Aceh) vs Ivan Krisnadewa Sudena (Bali)

 

Cek Live Heats di LiveHeats untuk jadwal, skor, dan hasil heat di semua divisi.

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top